Selasa, 20 Agustus 2013

Anthurium : Harga Bunga Yang Meroket & Terjun Bebas........





ANTHURIUM
Anthurium adalah tanaman dari keluarga Araceae. Diperkirakan ada sekitar 1.000 jenis anggota marga anthurium di dunia ini. Daya tarik utama tanaman hias ini adalah bentuk daunnya yang meraksasa, indah, unik, dan bervariasi. Anthurium termasuk jenis tanaman hias daun, bentuk daun kokoh & kompak melambangkan kekuatan & pengayoman ( cowok buangett ) maka tak heran kalau dimasa lalu ( masuk Indonesia sekitar tahun 1800 ) banyak dijadikan hiasan taman di istana kerajaan di tanah jawa dan hidup dialam tropis seperti sebagian benua amerika dan asia termasuk Indonesia.
Di Indonesia saat ini yang paling digemari adalah Anthurium Jenmanii, Anthurium Hockeri, Anthurium Plowmani Croat atau lebih dikenal dengan gelombang cinta ( wave of love), Anthurium Keris, A. Garuda , A. Burgundy, A. Black Velvet ato Black Silvit dan masih banyak lagi jenis jenis hibrida serta hasil persilangan baik yang warna merah maupun varian warna hitam.
habitat asli di alam tumbuh pada batang pohon yang telah busuk dibawah rindangnya hutan, maka tanaman ini akan tumbuh bila mendapat naungan.
Tanaman ini semakin diminati kolektor karena cara perawatannya tidak membutuhkan ketrampilan khusus, tidak ribet harus beri pupuk ini itu tambah ini itu karena seperti habitatnya, dia hanya butuh sedikit unsur hara. Sedangkan media tanam cukup pakai media pakis ( banyak dijual di nursery/toko bunga, harga sekitar 10-15ribu / karung )
Sifat media pakis adalah ringan, sangat porous karena banyak celah untuk sirkulasi udara dalam media dan mampu menahan air dengan baik. Bila disirma air, kondisi media pakis aakan mampu mempertahankan kelembaban tetapi tidak jenuh air.
Susunan air (drainase) dan susunan udara (aerasi) pada media merupakan hal yang penting, maka pakis dengan susunan serat yang kasar akan memberikan celah yang baik.
Daun anthurium umumnya berwarna hijau tua dengan tulang daun besar menonjol. Tulang daun yang besar membuat sosok anthurium tampak gagah dan kekar. Tanaman ini memiliki kesan mewah dan eksklusif. Bahkan Wikipedia menulis, di masa lalu anthurium menjadi hiasan taman dan istana kerajaan di Jawa sehingga disebut tanaman raja.
Secara umum anthurium dibedakan menjadi dua jenis. Pertama yaitu anthurium daun. Dan kedua, jenis anthurium bunga. Anthurium daun disukai karena memiliki bentuk daun yang istimewa. Sedangkan anthurium bunga menonjolkan keindahan warna bunga sehingga sering dipakai untuk bunga potong.
Namun perkembangan bisnis tanaman raja ini harus tergerus zaman. Jika empat tahun yang lalu, atau sekitar 2007 lalu, anthurium menjadi tanaman hias yang berjaya dengan harga jual yang tinggi saat ini harga jualnya turun drastis.
Bunga gelombang cinta, salah satu jenis dari antorium. bunga gelombang cinta pernah melambung dengan harga yang tidak wajar, karena mencapai harga puluhan, bahkan ratusan juta. namun setelah itu harganya kembali lagi normal seperti biasa, banyak yang untung dengan melambungnya harga bunga ini, namun tidak sedikit pula yang rugi ataupun gulung tikar. hal tersebut tentunya karena spekulasi yang dipilih oleh masing-masing orang.


Hati – hati Membeli
Bibit anthurium bila masih kecil (daun 2 – 5), bentuknya hampir sama dan sulit membedakannya, maka aku sarankan beli ditempat yang kenal penjualnya / nursery yang bisa dipercaya.
Harga bibit sangat bervariasi tergantung jenis, ukuran dan kekompakan daun.
Trend saat ini, harga sangat fluktuatif dan pergerakannya dengan hitungan menit bahkan lebih cepat dari bursa saham. Bisa cepat sekali naiknya tapi juga bisa terjun bebas tanpa parasut / paralayang ( gilee nggak tuh)
Setelah membeli, harus diperhatikan untuk syarat pertumbuhan:
Kebutuhan Cahaya
Untuk mendapatkan cahaya yang sesuai, yang dilakukan pada dataran rendah membutuhkan atap naungan paranet 60-70%, untuk dataran sedang 50% dan untuk dataran tinggi cukup paranet 25% dan tambahkan plastic peredam Ultra Violet. Kalau cahaya terlalu banyak daun kuning dan kering, bila kurang cahaya daun lemas, pucat kayak arief.
Kebutuhan Suhu
Suhu lingkungan yang baik antara 18 – 30 derajat Celcius, penampilan daun semakin bagus bila perbedaab suhu siang dengan malam tidak terlalu mencolok, maka bila siang terlalu panas, perlu dibantu dengan kipas angin untuk menurunkan suhu ( jangan pake termorek ato AC, ntar menggigil )
Kebutuhan Kelembaban
Kelembaban yang cocok untuk tumbuh ini berkisar 60% – 80%, bila udara terlalu kering maka perlu penyemprotan / pengabutan disekitar tanaman. Sebaliknya bila terlalu lembab pasang kipas angina.
Sirkulasi Udara
Angin semilir akan memberi kondisi yang baik bua kondisi tanaman, maka kipas angina sangat dibutuhkan intuk penyejuk, menjaga kelembaban dan menjaga suhu udara.
Campuran media
Media pakis perlu dicampur dengan pupuk kandang dan cocopit ( parutan serabut kelapa) dengan perbandingan 3:1:1 dan boleh tambahkan sedikit pasir malang hanya untuk pengencang media.
Bila mau menggunakan pupuk maka pilih NPK 1:2:2 dan itupun diberikan antara 2-3 bulan sekali.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar