Senin, 27 Agustus 2012

Tip aman kenari ditinggal mudik



Sebentar lagi Umat Islam di Indonesia akan menghadapi  Hari Raya Idul Fitri sudah menjadi tradisi dimana sebagian besar umat Islam akan melaksanakan mudik ke daerahnya masing-masing. Betapa bahagianya bisa berkumpul dengan saudara dan handai taulan di kampung. Buat hobis kenari dalam menghadapi mudik ini ada sedikit kegundahan karena akan meninggalkan momongan kesayangan di rumah. Ada beberapa hobis yang menitipkan kenari ketemen yang tidak mudik, tetapi ada beberapa orang yang tidak bisa menitip karena sesuatu hal yang tidak bisa dilaksanakan.
Bagi temen-temen yang tidak bisa menitipkan kenarinya jangan khawatir, Insya Allah saya akan memberi tip-tip ke Anda bagaimana caranya meninggalkan kenari di rumah dengan aman.
Kita mulai dari menghitung berapa hari akan meninggalkan kenari, selanjutnya menyiapkan sarana tempat pakan dan tempat minum. Jika anda meninggalkan rumah sekitar 1 minggu pakan yang disediakan cukup 2 tempat pakan yang biasa pakai. Pakan yang disediakan cukup diberi bijian canary seed atau makanan yang memiliki kekuatan lama (tidak mudah busuk) jangan dikasih sayuran atau telor karena akan membusuk, makanan busuk bisa berakibat patal buat kenari.
Untuk pakan cadangan atau pengganti telur bisa diberi biskuit seperti marie regal dll. Biskuit di hancurkan dan disimpan di tempat pakan, untuk diperhatikan penempatan pakan biskuit jangan terlalu dekat dengan air minum karena takutnya biskuitnya menjadi basah.
Air minum kalau ada diberi tempat air minum khusus kenari, kalau tidak ada bisa menggunakan tempat minum biasa hanya jeleknya jika tempat minum diisi air banyak akan di pakai mandi. Agar air minum tidak habis karena sebagian tertumpah dipakai mandi lebih baik diberi air agak banyak (beberapa tempat). Untuk lebih jelasnya saya coba ilustrasikan menggunakan gambar agar mudah dipahami.
Penempatan tempat pakan (bijian canary seed) dan tempat air minum berjauhan. Dengan posisi berjauhan diharapkan baik bijian ataupun air minum tidak tercampur. Seperti kita ketahui kenari suka sekali cuci muka dan mandi.  Kalau penempatan berdekatan pakan bijian takutnya tersiram air main pada saat kenari mandi atau cuci muka, kebiasaan lainnya setelah makan kenari suka minum jika tempat minum deket dengan tempat pakan, ada butir makanan yang masuk ketempat air minum akibat bijian terendam air minum menjadi bau. Jika air minum kotor dan bau kenari tidak mau minum kalaupun terpaksa akibatnya kenari menjadi sakit. Setelah pakan dan minum di tempatkan di sangkar, selanjutnya sangkar di tutup kerodong dan di gantung di tempat yang aman dari gangguan binatang ataupun serangga. Terutama dari gangguan semut dan tikus. 

sangngkar Kotak Harian Sangkar Kotak Ukir 9 Dewi Model Minimalis Published 18 June 2009 sangkar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar