Kamis, 03 Mei 2012

LOVEBIRD 5 : Seputar Penangkaran , Sangkar dan Gangguan


Tanya Jawab Penangkaran Lovebird (LB) ini adalah tanya jawab di Forum MPZ (almarhum) kemudian di-update di www.kicaumania.org dan sekarang membacanya di blog ini.



Penangkaran LB (1), Gangguan
Pertanyaan dan komentar:
Pada sangkar kenari itu,..memang ada dua pintu ya,..(kalo ga salah lihat),..maksudnya apa Mas?..Jga mo nanya,..apakah penempatan sangkar kotak besi yang ditempel rapat ke sudut pada tembok,…saat penangkaran/pengeraman,..apa gak mengundang semut,.cicak,..etc…yg akan mengganggu proses pengeraman/ meloloh piyikan..?
Piyikan LB yg ada di besek yg ditunjukan di foto itu,…memang sengaja dilepas asuh sama induknya, apa.nantinya dimasukan lg ke kotaknya..?
Upsss semangat neeh nanya terus,….kandang yang sedang dibuat (ada orangnya),..rencana mo buat nangkar apa,…?..atau kandang pembesaran piyik2 LB/ kenari…? (Syaiful)
Jawab:
Dua pintu, satu untuk jalan keluar-masuk makanan dll. Satu pintu adalah pintu kotak tempat burung nelor/bersarang. Jadi berfungsi sebagai pintu kontrol. Nggak ada gangguan tuh meski ditempel di dinding. Semut juga terlihat, tetapi nggak mengganggu.
Anakan yang saya tunjukkan itu saya masukkan lagi ke kotak. Maunya saya loloh sendiri, tetapi kasihan melihat indukannya pada mlolor mencari anakannya, akhirnya saya masukkan lagi. Indukan tetap mau meloloh karena semua LB saya, sudah saya kondisikan untuk tidak kagetan (tipsnya menyusul). Itu kandang yang ada orangnya, juga kandang LB. Cuma yang deretan berikutnya, ada yang kosong 5 kandang, bekas kandang jalak suren (terjual n buat beli indukan2 LB), kandang pasangan AK dan murai batu. Orang yang ada di kandang itu sedang ngambil anakan LB kuning krem untuk dijadikan foto model dengan fotografernya Pak Reggy hehehehe. Terima kasih. (Duto)
Komentar Om Reggy;
Saya bantu jawab ya mas Sjaiful,
Piyekan yang difoto itu sengaja dikeluarin sama mas Duto untuk difoto, kemudian dimasukkan lagi ke sangkarnya.
Kiatnya Mas Duto untuk pelihara piyikan, dari sebelum bertelur sangkar pengeraman setiap hari dibuka sama Mas Duto, setelah ada telornya, telurnya dikeluarin lalu dimasukin lagi. Begitu seterusnya sampai dengan piyikannya. Makanya LBnya tenang2 aja walaupun sudah bau tangan manusia. (Reggy/Lion Ling)


Tanya:
Arti keluarin telor/piyikan? Dikeluarin dari kotak/gowoknya apa benar2 dikeluarin,..(atau cuma dgn gowoknya aja dikeluarin dari sangkar hanya u/ dilihat dan ngelatih biar bau tangan ga bikin kaget si induk..! Gimana kalo kondisi telor,..kalo dipegang2 itu apa ga malah bantet/busuk,..ga bakalan netes..!! Kalo iya piyikannya aja yg dikeluarin see its Ok gpp,..biar nantinya si induk paham kalo anakannya dach bau tangan tetap diloloh juga. (Syaiful) Jawab:
Hahaha, kayaknya Mas Syaiful penasaran nih. Ya memang benar2 saya keluarkan untuk dilihat2. Buktinya netas tuh Mas. Soal telor kena tangan itu nggak bakalan membuat busuk kecuali bentet/lobang. Tangan basah juga gpp toh meski sedang ngeram, LB juga masih suka mandi.Begitulah memang Mas. (Duto) Tips dan info lain: 

1. Jika burung jantan untuk penangkaran tidak juga gacor merayu betina meski secara umum terlihat sehat atau burung betina tidak juga matang kelamin meski sudah berusia di atas 7 bulan; atau telor-telor burung tidak isi dan karenanya tidak bisa menetas, kita perlu memastikan bahwa si jantan bisa memproduksi sperma yang “berisi” dan kesehatan reproduksi betina benarbenar maksimal. Kalau kita ragu bagaimana caranya, pastikan saja kita menggunakan Bird Mature (klik saja). Selama kondisi alat-alat reproduksi dalam keadaan normal, Bird Mature sudah terbukti meningkatkan kesempurnaan proses reproduksi burung-burung penangkaran. Tidak hanya kenari, tetapi semua jenis burung. 

2. Jika burung-burung anakan dari penangkaran kita gampang mati, atau kakinya sering pengkor, lembek, karena daya tahan tubuh secara umum lemah, kita perlu memastikan bahwa indukannya mengonsumsi Bird Mineral (klik saja). Bird Mineral tidak hanya bagus untuk anakan tetapi juga indukan karena Bird Mineral menjadikan bulu kuat, mulus, berkilau sehabis molting atau ngurak alias mabung; burung tidak terkena rachitis (tulang-tulang lembek, bengkok dan abnormal); bebas paralysa (lumpuh); bebas perosis (tumit bengkak); menjadikan anak burung menetas sehat; burung tidak mengalami urat keting(tendo); burung tidak terlepas sendinya, tidak tercerai (luxatio); paruh tidak meleset, tidak kekurangan darah sehingga pucat dan lemah; burung di penangkaran bisa segera bertelur, telur berisi, produktivitas tinggi, daya tetas tinggi; kematian embrio rendah. 
3. Jika Anda masih bingung juga bagaimana cara menangkar burung yang baik, bergabung saja dengan Om Kicau Hotline yang memberi layanan premium konsultasi perawatan dan penangkaran burung. Bagaimana? 

Penangkaran LB (2), Gangguan
Kandang yang sedang dibuat itu untuk apa mas? Kelihatannya kandangnya nggak ada semutnya tuh. Ngomong2 bagaimana caranya supaya semut tidak banyak dikandang ya, sudah dibersihkan dan dikasi obat, masih ada saja mas. Apa tangkap satu terus kepalanya dikasi tipex ya biar dikira CPM he he. Terima kasih dan salam. (Fortuna)
Itu daun kangkung Pak. Kalau untuk nangkar, kangkung diambil daunnya saja, sebab kalau sama batangnya, biasanya lalu dibikin sarang meski kondisi basah. Akibatnya, ya busuk. Kalau untuk LB masteran, kasih kangkung sama batangnya juga gak apa2.
Itu bukan kandang yang mau dibuat. Itu kandang bekas jalak suren. Kalau sekadar mau titip untuk dibesarkan/diternakkan di Solo juga boleh. Nanti Pak Laurent berurusan dengan anak yang biasa pelihara saja dan tentu saja uang “kost” dan biaya konsultasinya hahahaha.
Semut nggak usah dipusingkan. Di kandang saya juga ada. Tinggal usahakan agar semut tidak mengganggu pakan. Tergantung desain tempatnya. Semut nggak usah diusir karena dia juga bertugas membersihkan potongan2 jangkrik dan sekaligus mengusir rayap. Di hutan juga banyak semut, tetapi burung2 juga nggak stres kok. Kalau kandang banyak semut, kan hanya kita (manusianya) yang stress. Hahaha. Salam. (Duto)

Tanya:
Met kenal nih om…..
Saya dulu pernah coba ternak LB (warna spt gmb 2) tapi kok ngga’ hasil yah….. Kandang besi bekas kandang kucing anggora (ukuran +/- 2L x 1Px 1T) juga saya taruh sarang eraman…
Di luar rumah dekat kandang itu banyak tikus sliweran.. Apa hal ini berpengaruh dalam ternak?
Mohon pencerahan ya om. Regards. (Rayva)
Jawab:
Kandang itu sudah lebih dari cukup. Sarang eramannya dari apa/bentuknya seperti apa? Difoto yang dikirim Pak Reggy itu, ada terlihat kotak berlobang kan, ya itu sarang LB yang di dalamnya dikasih potongan2 rumput jepang kering. Tikus banyak? Di kandang saya, juga sering banyak tikus berseliweran. Nggak apa2, toh kandangnya terbuat dari kawat/besi.
Banyak faktor untuk kesuksesan ternak LB. Soal pakan, nggak begitu rewel (standar saja) tambah jagung untuk nambah proteinnya, hijauan (daun kangkung), dan asinan (pecahan batu bata/cangkang cumi).
Yang penting lagi adalah jodoh. Ini faktor yang sangat menentukan. Makanya kalau beli LB untuk ditangkar, cari yang sudah jodoh saja biar nggak kelamaan nunggu.


Tanya:
Welehhhh…justru enggak berhasil Mas…semut masih aja berseliweran dgn cueknya terutama utk pisang buat CR dan CI. Banyak buangggggeeeeetttttt. Untungnya pegawai di sana rajin hingga tidak segan2 utk membersihkannya. Btw…mungkin mas bisa ulangin caranya.. karena tidak semua yg mas ceritakan tidak terekam dgn baik…khan Mas udah paham ama saya….amanat Mas Laurent aja bisa kelupaan heheheheheheh. Thx mas…
Note : kalau mau main ke farm saya yach silakan, tapi tolong jgn menghina..karena tempatnya benar2 kumuh….silakan cross check ke Mas Yulpri ttg sikon jalan dan kehidupan di sana, kebetulan tempat tinggal beliau kira2 20 Km menuju farm saya. (Irlan)
Jawab:
Wah berarti Mas Irlan nggak memperhatikan desain wadah pakannya ya. Pasti yang dipikirkan saat di Solo cuma bagaimana segera nyampai Jakarta, memasukkan ke kandang besar, bisa nelor, miyik dan segudang impain lainnya tanpa memperhatikan detail pemeliharaan hehehehehe.
Sederhana kok caranya agar pakan nggak didekati semut: Pakukan wadah pakan yang terbuat dari plastik di ujung kayu (ukuran tebal kira2 3 x 3 cm, panjang 75 cm-100cm). Ujung lainnya ditanam di ember/ pot plastik yang berisi semen cor (plus batu2 kecil) yang masih basah. Semen n batu2 kecil dicorkan sampai setengah ember dan sisakan setengah ember bagian atas. Kalau sudah kering, berdirikan dengan ember di bagian bawah. Isi setengah bagian ember bagian atas dengan air. Maka pakan yang ada di wadah nggak bakalan didekati semut. Sederhana memang, tetapi sangat efektif membuat pakan/extrafeeding burung tangkaran bebas semut.
Salam (Duto)


Penangkaran LB (3), lanjutan Gangguan
Kalo bole urun ide… kalo di tempat saya…. spy tempat makan extra fooding ga digauli semut, saya memakai tempat makan dari plastik yg lonjong. Lalu saya tempelkan/lem sedemikan rupa pada nampan plastic, kemudian setelah itu nampan kita isi air jadi sekalian bisa dipake padusan ama burungnya. (Dolphinrd)
Jawab: Ide bagus juga itu. Hanya saja, menurut saya, itu berisiko airnya yang kotor (karena pasti kena kotoran burung) keminum burung atau malah (seperti Anda bilang) untuk mandi. Besar pula kemungkinan pakan terciprat air. Ini bahaya karena dalam kondisi lembab, hanya dalam waktu semalam saja wadah pakan/pakan sudah ditumbuhi jamur.
Trims. (Duto)
Tanya:
Saya mau tanya lagi, mengenai kelembaban kotak sarang, apa boleh kita semprotkan dengan air (kotak luarnya). Salam (Lucky)
Jawab: Nggak perlu. Dengan Anda menyediakan air di wadah yang cukup bagi LB untuk mandi, maka dia akan mandi dengan sendirinya kalau secara naluriah dia merasakan udara kurang lembab. Atau kalau Anda sediakan daun kangkung, maka dia akan memasukkan daun kangkung basah ke dalam kalau merasa kurang lembab. Artinya, kelembaban nggak perlu kita rekayasa karena mengukur kelembaban ideal bagi penetasan LB juga sulit (beda dengan kelembaban dalam kotak mesin penetas telor).


Penangkaran LB (4), Telor Kopyor
Tanya 
Selamat siang dan salam kenal Mas Duto.
Saya mau tanya untuk membersihkan kandang dan pemberian makanannya apakah dilakukan setiap hari?
Selama ini saya juga berpikiran bahwa telurnya tidak boleh disentuh tangan, takut tidak mau dierami lagi. Jadi jarang sekali saya lihat.
Kenapa yah telur2 LB saya banyak yang kopyor? Sedangkan setiap hari saya berikan jagung dan kadang2 kecambah/tauge. Kangkung jarang sekali saya berikan, tapi setelah melihat foto dan cerita Mas Duto, sekarang saya berikan kangkung setiap hari.
Apakah perlu saya berikan tempat untuk mandi LB didalam kandang? Kalau saya baca cerita Mas Duto, sepertinya LB suka mandi yah. Salam.
Jawab:
Ya, setiap hari kandang dibersihkan. Air diganti. Pakan ditiupi agar bersih; kalau menipis ditambah. Kalau banyak kotoran LB, ganti yang baru. Saya tidak tahu persis pengaruh kangkung pada kualitas telor. Kangkung saya berikan karena murah dan bisa rutin tersedia, dan lebih penting lagi, LB sangat suka kangkung.
Perlu sekali diberi wadah minum yang bisa digunakan LB untuk mandi. LB sangat suka mandi. Kalau pas ngeram, LB betina lebih suka mandi lagi. Itu untuk kelembaban dalam pengeraman.
Telor kopyor bisa saja terjadi karena kotak sarang terlalu kering dan pada saat yang sama LB nggak bisa menemukan air untuk mandi. Kalau Anda sediakan wadah air minum yang bisa untuk mandi, itu sangat dianjurkan. Juga kalau saya perhatikan, LB suka sekali mengangkut daun kangkung basah ke kotak sarang ketika dia nelor/ngeram. Ketika tangan saya masukkan ke kotak sarang, terasa sekali kotak itu hangat tetapi lembab. Bukan hangat kering. Dan secara teori memang benar, bahwa penetasan perlu kelembaban.
Mohon dicatat, pemberian kangkung daunnya saja. Sebab, batang kangkung yang biasanya diangkut LB ke kotak, jadi busuk, lain dengan daun yang biasanya mengering. (Duto)


Penangkaran LB (5), lanjutan Telor Kopyor
Tanya 
Mas Duto,
Kok saya jadi bingung nih mengenai masa pengeraman burung lovebird. Ada yang bilang 2 minggu ada juga 3 minggu. Yang bener yang mana nih Mas. (Husen)
Jawab: LB ngeramnya 21 hari, seperti ayam Pak. Jadi tidak 14 hari seperti MB, JS ataupun anis.

Tanya:
Mas Duto, ini kisah LB saya…
Awal April saya membeli sepasayang LB kacamata biru langit yg sudah/sedang bertelur 2 buah (1 pecah saat mase di farmnya Pak Giyanto) nah setelah itu LB saya itu tidak lagi bertelur.. mampet mungkin stress …. Setelah itu saya sesekali liat gowokannya dan liat telur yg dulu masih ada tapi kayaknya sudah tidak dierami lagi…. Sampai akhirnya pada pertengahan Mei saya buka gowokannya terus saya cari2 telurnya itu di dlm tapi saya tidak menemukannya lagi… Kemana hilangnya saya tidak tau…. (Saya memakai serbuk kayu dan serutan kayu yg biasa dipake alas hamster dan daun cemara mungkinkah telur itu dimakan ampe secangkang2nya???).
Nah pas awal Juni saya buka gowokannya.. dgn maksud untuk melatih LB saya spt Mas Duto itu karena saya juga kepingin spt itu…. biar lulut.. dan ternyata saya menemukan 1 telur..(saya binun, ini telur yg dulu mungkin terpendam serbuk da lolos dari pemeriksaan…ato telur baru..kan kalo telur yg dulu mestinya dah busuk/rusak tapi yg ini kyknya masi baru…binun dah) Tapi saya terus melakukan program pelulutan seperti yg saya baca itu, cuman kok dia berhenti lagi bertelurnya… Saya sih sudah mempertimbangkan resikonya kalo saya tetep jalanin program pelulutan mungkin dia mandek bertelur, drpd saya harus nunggu masa bertelur dan pengeraman untuk mulai program pelulutan tar LBnya jadi tambah susah mengubah kebiasaannya yg takut ama orang.
Sekarang mereka dah gak takut2 lagi ma orang. Nah yg bikin saya binun apa yg selanjutnya saya lakukan??? Saya sih berpikir untuk terus melanjutkan program pelulutan tapi apa yg harus saya lakukan dgn telur yg 1 itu? Mohon pencerahannya dari Mas Duto… sekian terimakasih maaf Mas yah… ceritanya panjang bgtttt….: maklum pemula….(Dolphinrd)
Jawab:
Teruskan saja program penjinakannya. Sehari dilihat sekali. Telur yang itu, diambil dan buang saja. Itu telor lama karena LB nelornya lebih dari satu dalam satu masa peneloran. Jadi, itu sisa telor lama. Telor infertil bisa tahan lama dan nggak busuk2 kalau dia tidak bentet/berlubang. Sedangkan telor fertil cepet busuk begitu embrio di dalamnya mati.
Apakah Anda beli LB dalam kondisi nelor 2? Ya moga2 penjualnya berkata jujur saja.
Banyak kasus loh orang jual LB dengan dibilang lagi ngeram/nelor, ternyata diisi telor emprit atau telor LB lain yang nggak netas. Juga, LB indukan yang dirawat bagus, sudah akan nelor lagi dalam waktu maksimal 15 hari.
Salam. (Duto)
Tanya:
Ooo bgtu yah Mas…. jadi telornya itu telor gagal yah…. Ok deh segera saya kan menjalankan “wangsit” ini heheheh , soal penjualnya yang jujur itu…. uhmm…. moga2 juga demikian soalnya saya belinya ga di pasar tapi di farmnya Pak Sugiyanto… Mungkin Mas Duto bisa kasi saya referensi ttg penangkar yg mas kenal dan terpercaya???
Soal LB-nya sekarang sudah lumayan lulut alias jinak…. dia dah agak cuek kalo ada orang lalu lalang padahal biasanya baru denger org ngomong aja dah kabur masuk gowoknya…. jadi program akan saya lanjutkan , oh iya… kmrn LB saya jg keliatan aga lesu… mungkin krn dia jarang kena sinar matahari langsung… Jd saya coba jemur… wah langsung giras… riang gembira… tapi kayaknya di ga biasa mandi krn setelah saya coba kasi padusan sejauh pengamatan saya dan org rumah…. dia ga pernah mandi…. heheheh.
Dan kira2 apa efeknya kalo yah kita sering pindahin kandang untuk penjemuran pada upaya budidaya LB ini yah???
Satu lagi mas pertanyaannya, kira2 berapa lama waktu yg dibutuhkan LB saya untuk mulai bertelur lagi? (Dolphinrd)

Penangkaran LB (6), Agar tidak kagetan
Tanya
Bagaimana tips agar LB induk tidak kagetan? (Dolphinrd)
Jawab:
Loh, Pak Reggy/LionKing kan sudah memberi tahu. Yah, sederhana nggak njelimet kok. Untuk semua LB saya, setiap hari, meski hanya sebentar, saya selalu membuka kotak2 sarang mereka. Semenjak mereka belum nelor, saya pasti buka kotak, sekedar memegang2 dasar kotak (bahkan ketika tangan bau tembakau/rokok) kemudian menutupnya lagi.
Begitu setiap hari sekali. Sampai ketika dia nelor, saya pasti melakukan hal itu, bahkan dengan mengelus/menyentuh2 telor/membalikkannya. Mulai dari telor pertama sampai terakhir. Dalam kondisi itu biasanya indukan betina sudah di dalam kotak. Nggak apa2, buka saja kotak meski si betina masih di dalam, paling dia keluar sebentar, memperhatikan kita yang sedang memegang2 sarang/mengelus telor. Setelah itu tutup lagi. Maka si betina akan segera balik sarang. Kalau dia terbiasa melihat kita melakukan hal itu dan LB telah membuktikan bahwa kita bukanlah gangguan, maka dia akan enjoy saja meski kita sering buka nutup sarang mereka. 

Begitupun sampai ketika anak netas. Netas satu, tetap kita buka sebentar, kita elus2 si anak dan juga telor sisanya yg belum netas. Besuknya terus begitu setiap hari sekali sampai anak2 besar/bisa keluar sarang.
Karena sudah dikondisikan demikian, LB nggak stresan, bahkan sampai anak2nya kita pegang2 di luaran/seperti kemudian difoto sama Pak Reggy, dan saya kembalikan lagi ke sarang, tetap saja mereka enjoy. (Semula mau saya loloh saja biar indukan segera nelor lagi, tetapi anak yang biasa melihara burung di tempat saya bilang “belum berani, Pak”, ya sudah sore hari saya masukkan lagi ke kotak sarang).
Tanpa pengkondisian seperti itu, indukan LB mudah stres. Banyak indukan LB yang baru sehari-dua hari ngeram kemudian nggak mau ngeram lagi gara2 suara ribut di luaran/melihat tikus, membau tangan kita yang gatal untuk sesekali nengok sarang dsb.
Nah, kalau nengok makanya jangan hanya sekali dua-kali. Setiap hari, minimal sekali, coba dibiasakan.
Begitu pula dengan burung lain, maka pengkondisian semacam itu perlu dilakukan. Sebab, di berbagai kasus/tempat, banyak indukan cucak rowo, atau jalak suren atau murai batu yang nggak mau lagi ngeram meski periode ngeram belum habis, gara2 ada orang melintas di dekat kandang mereka. Bahkan hanya melintas. Nah itulah tips sederhana tetapi membutuhkan ketelatenan dan ketekunan untuk melakukannya. Selamat mencoba. (Duto)


LOVEBIRD Penangkaran LB (7), LB tidur bareng
Tanya: Dari 2 pasang yg saya punya 2 ekor jantan klep, hijau ma 2 ekor betina ijo non klep, dach dicoba disangkarkan rame2 (4 ekor satu kandang),..tapi kok ga ada yg boboan malem berdua. Trs kalo siangnya malah kejar2 sambil jeritan (yg jerit2 biasanya yg jantan).
Mohon pencerahannya, gimana tanda2 pasangan itu mulai berjodoh. Cumbuan seperti apa?
Apakah karena hanya ada 4 ekor, saling ego masing2, bisakah sy coba hanya 1 jantan aja di kandang penjodohan itu dgn lebih dari 2 betina (misal akan saya belikan lg 1~2 ekor).
Trs kalo sudah terlihat ada tanda2 mulai berjodoh, apakah langsung pindahkan ke sangkar perkawinan? Trs setelah dipindahan, Berapa lama proses penjodohan u/ mlanjutkan perkawinan dan bertelur?
Di tunggu responnya. (Syaiful)
Jawab:
LB yang kejar2an dipastikan tidak jodoh. Untuk penjodohan dengan stok burung terbatas, letakkan masing-masing jantan betina di sangkar2 terpisah dan didekatkan. Kalau mereka sudah selalu berdekatan (perlu waktu sampai 3-7 hari) maka kemungkinan mereka berjodoh. Tetapi sesungguhnya, penjodohan harus dilakukan kalau masing2 sudah memasuki masa birahi (bunyi terus dan menunjukkan perilaku birahi: jantan berusaha mengawini benda2 didekatnya, sedangkan betina merunduk sembari membuka sayap dengan ekor naik-turun). Kalau jantan-betina sama2 birahi, biasanya (hanya dalam waktu sehari) bisa langsung jodoh. Kalau belum birahi (birahi nggak bersamaan) maka penjodohan sulit dilakukan. Yang nggak birahi biasanya dikejar2 dan bisa stres kalau terus2an. Untuk penjodohan di kandang besar, membutuhkan materi (jantan-betina) yang banyak, paling tidak sampai 5 ekor jantan 5 betina. Kalau sudah berdekatan terusmenerus, mereka biasanya masuk ke sangkar kotak/glodok bareng2. Bisa saja diternak di situ, bisa juga dipindahkan bareng2 ke kandang penangkaran yang kecil.
Kalau sudah jodoh, dua pekan kemudian biasanya sudah nelor/ngeram. Masa ngeram 21 hari. Dan anakan (diberi makan indukannya) baru keluar kotak setelah sekitar sebulan.
Jika anak sudah keluar, ambil dan pindahkan ke sangkar tersendiri. Kalau anak sudah diambil, biasanya 10 hari kemudian si betina sudah nelor lagi dan ngeram. Demikian. (Duto)
Tanya:
Thanks ya Om, tapi PR sy masee mikirin bisa ga ya 1 jantan dengan 3 ekor betina dlm satu sangkar? Jamin berjodoh ga? Trs pakan u/ LB pendongkrak birahi selain jagung apa lagi?(Syaiful)
Jawab:
Kalau sangkar besar model untuk sangkar koloni, bisa saja di antara betina itu yang berjodoh dengan jantan. Kalau jantan pas birahi, dia bisa segera menemukan pasangan. Kalau jantan belum birahi dan ada satu betina atau bahkan ketiga2nya birahi, maka jantan bakal dikejar2 dan stres/drop (sulit/lama sekali memulihkannya). Bisa juga betina yang birahi justru ngejar2 betina lain yang nggak birahi, dan yang dikejar2 drop.
Pokoknya, njodohkan model begitu cenderung gagal, atau kalau ada yang jodoh maka yang lain jadi korban (drop). Apalagi mengharapkan LB jantan punya 3 pasangan sekaligus, itu nggak akan terjadi. LB bukan kayak kenari sebagai tipe burung yang suka poligami hihihihihi.
Pakan yang bikin birahi saya nggak tahu persis. Hanya saja, LB saya selama ini saya beri pakan tambahan rutin jagung dan daun kangkung. Sesekali saya beri tauge. Dan di pakan rutin, meski sedikit, saya beri kacang hijau. Di buku yang pernah saya baca, bisa juga LB diberi ulat hongkong (protein untuk meningkatkan birahi) yang sudah dimatikan (dimasukkan air sebentar). Tetapi saya pernah coba, LB-nya nggak mau. (Duto)



Penangkaran LB (8),  Penangkaran LB (9), Warna tren
Tanya:
Kalau jenis/warna love bird yang lagi nge-trend apa yaa? Apakah benar, LB gacor/bagus biasanya warna/tampilannya biasa aja? Apakah sekarang lebih cocok men-ternak untuk buat LB yang gacor atau warna yang ok? Apakah mungkin kedua-duanya?
Warna eksotik dan gacor juga he he he,..
Thk’s atas informasinya. (4ndriecht)
Jawab: Yang ngetren saat ini (saya ambilkan tulisan saya di milis KM ya), secara umum adalah sebagai berikut (harga bulan November 2008) dimulai dari yang mahal adalah):
1.         Kelompok pakai kacamata/ eyerings/ klep, dengan warna albino (putih semua, mata merah) dan lutino (kuning/oranye semua, mata merah). Harga per pasang anakan bergerak dari 2 juta ke atas, induk 3 jt keatas.
2.         . Kelompok kacamata warna coklat, olive, pastel dan kepala emas, dan biru langit. Harga perpasang anakan bergerak dari 1 juta, induk 1,5 jt.
3.         Kelompok kacamata body hitam- kepala hitam (800rb anak, 1,25 jt induk).
4.         Kelompok kacamata biru kepala hitam (700rb, 1 juta)
5.         Kelompok kacamata hijau kepala hitam (600rb, 900rb).
6.         Kelompok kacamata hijau kepala merah (500rb, 800rb).
7.         Kelompok non-kacamata kuning-kuning, biru, hijau lumut, coklat dll (400rb, 700rb).
8.         Kelompok non-kacamata hijau (200rb, 400rb).(Catatan Duto: Harga2 tersebut adalah harga ketika LB naik daun sekitar tahun 2004-2005).
9.

Harga2 tersebut adalah harga di Solo. Namun untuk kelompok no 7, harganya kini mulai merangkak naik. Bahkan untuk warna antik atau blorok, harganya bisa tinggi sampai 1 jutaan per pasang.
Tidak ada hubungan signifikan antara suara dan warna bulu. LB gacor dg trecetan panjang tergantung kondisi kesehatan LB bersangkutan. LB dalam kondisi birahi biasanya gacor dan trecetannya panjang. Dalam kondisi setengah lapar, LB masteran warna apapun biasanya (berdasar pengalaman) lebih gacor. Makanya kalau mau melombakan LB (burung lain juga cenderung seperti itu) dibuat setengah lapar/jangan diberi makan terlalu kenyang.
Kalau LB warna hijau nonklep selama ini dianggap paling gacor/trecetannya panjang itu karena kebetulan saja mayoritas LB yang dilombakan warna hijau nonklep karena harganya memang relatif murah. Kita ini kan spekulan ya, siapa tahu beli LB murah bisa dijual dengan harga tinggi kalau menang lomba heheheh.
Tetapi cobalah kita tengok ke penangkaran2 LB, buktikan apa benar tidak ada hubungan antara warna dan suara. Kawan saya punya LB dg suara trecetan puanjang banget, warnanya lutino. Ditawar Rp 3 juta nggak boleh. Nah……… Demikian, Salam. (Duto)


Penangkaran LB (10), Pindah Kandang
Tanya:
Apakah LB mutlak diberi air dalam wadah besar? Bagaimana soal pemindahan dari satu kandang ke kandang lain?
Jawab:
Untuk LB, tetap saja dikasih air di wadah yang besar. Suatu ketika pengin mandi, sudah tersedia.
Pemindahan kandang (asal terbiasa) nggak jadi masalah. LB saya yang ada di kandang tunggal itu, pindah tempat 3 kali selama ngeram nggak masalah, netas-sehat. Cuma sebaiknya kalau pas ngeram nggak usah dipindah2 karena risiko telor pecah.
Begitu anak bisa makan sendiri dan diangkat, maka sekitar sepekan sampai 10 hari (indukan dalam kondisi normal), indukan itu sudah nelor lagi.
Tks sama2.
Salam. (Duto)
Tanya:
Mas Duto,kira2 umur berapa piyek LB baru bisa dipasang ring? Saya coba umur 2 minggu, bisa masuk tapi lepas terus akhirnya tidak kepasang tuh ring karena lepas dan tidak bisa dipasang lagi karena kakinya sudah besar kasihan kalau dipaksa.
Apa ukurannya yang salah ya, umumnya ukuran berapa Mas. (Fortuna)
Jawab:
Ya umur 2 mingguan itu Pak. Kalau pasang ring lepas terus, coba setelah ring dipasang, ikatkan kain lembut di kaki LB di bagian bawah ring dan kain itu diisolasi. Fungsinya sekadar sebagai penahan agar ring tidak lepas2 terus. Setelah kaki LB mengeras (usia di atas 21 hari) segera saja kain dilepas agar pertumbuhan kaki LB nggak terganggu.
Untuk ukurannya, saya tidak tahu pasti berapa milimeter ya. Yang jelas lebih besar ketimbang MB dan lebih kecil ketimbang JS.
Demikian Pak. Salam. (Duto)
Tanya:
Saya punya sepasang LB tapi kurang suka makan jagung, kangkung n toge…… apakah ini normal?
Sekarang sih mereka tidurnya didalam 1 gowok bersama-sama……. jadi gmn dong tuk ningkatin birahinya wong makanannya aja cuma biji2an? Apa perlu tak kasih kuku bima he he he.
Mohon pencerahannya ya om… Matur nuwun (Rayva).
Jawab:
Coba ditambah biji bunga matahari di pakannya mungkin mau dimakan,kalau tidak mau ya terpaksa kasih kuku bima ha ha
Salam (Fortuna)

Komentar:
Ok Om Fortuna…. tar saya coba deh…. kasih biji bunga matahari.
Oh iya, kemarin saya coba kasih 1/2 telur puyuh eh disikat tuh telur ampe ampir abis, ngaruh ngga’ om?
Apakah pemberian telur ini berbahaya maksudnya tar kalo LBnya nelor, eh tu telor di makan juga. (Rayva)
Jawab:
Hehehe, kuku bima? Ya boleh2 saja, terutama untuk yang melihara.
Biji bunga matahari juga bagus. Cuma perlu diperhatikan bagaimana posisi kandang, apakah benar2 bisa bebas semut karena semut suka sekali dengan biji bunga matahari.
Jagung atau sayuran nggak perlu dipaksakan kalau dari kecil memang nggak biasa.
Telur nggak bahaya, malahan bagus itu kalau LB suka telor, sebagai penambah protein terutama untuk LB tangkaran. Cuma jangan banyak2 ntar kegemukan dan sulit nelor.
LB nggak akan makan telor sendiri, apalagi kalau di sangkar nggak disiapin kompor dan air untuk ngrebus telor sendiri hehehehehehe.
Selamat menangkar… (Duto)



Penangkaran LB (11), Pengeraman
Tanya:
Lb yang saya kumpulin dapat lima ekor itu, kayanya jodoh dua pasang dan alhamdulillah sepasang sudah ngeram. Gimana menangani LB lagi ngeram dan persiapan apa saja menjelang penetasannnya?
Jawab:
Nggak perlu persiapan khusus, Pak. Cuma nambah jagungnya saja kalau nanti anakannya sudah netas. Untuk LB kan yang nyuapin indukannya sendiri, jadi nggak repot atau takut2 jangan2 anakannya dihajar sama indukan kayak JS. Salam. (Duto)
Tanya:
Pak Duto, saya kemarin diskusi dengan teman saya yg sama-sama ternak burung. Ada hal menarik yg coba ditawarkan teman saya berkenaan dengan tehnik breeding LB yaitu dengan metode sapih pejantannya. Artinya saat betina bertelur dan mulai mengerami maka pejantannya dipisah dan dilakukan perawatan seperti burung kicauan lainnya dengan mandi jemur. Tujuannya yaitu agar pejantan tidak menggangu betinanya dlm proses pengeraman. Dan nantinya jika telur udah menetas dan anakan sudah mulai bisa makan dan dipisahkan maka sang jantan yg udah dipulihkan kondisinya digabungkan kembali dg betinanya ,dan tidak relatif lama maka keduanya akan segera kawin lagi.
Metode ini sudah berhasil dilakukan kawan saya pada kenari sehingga lebih produktif, akan tetapi saya belum mulai mempraktekannya pada LB. Bagaimana menurut anda? 
Jawab:
Menurut pengalaman saya, LB jantan nggak pernah ganggu LB betina. Justru kebanyakan LB betina nggak keluar ketika ngeram kecuali kegerahan dan mau mandi. Untuk makan biasanya disuapi sama jantannya. Jadi kalau dipisah malah membuat betinanya nggak tekun mengerami telor. Lagi pula, untuk penangkaran seperti itu nggak praktis karena LB jantan nggak mau berpoligami seperti kenari. Jadi menurut saya, misahkan LB jantan-betina nggak banyak manfaatnya. Demikian Mas.

Komentar: Bener kata Mas Duto, LB tidak seperti kenari yang mau polygami, namanya juga LOVE BIRD mana kenal selingkuh. Kalau jantannya dipisah bisa membuat betinanya tidak mau ngeram lagi dan cari2 jantannya. Mas Duto, saya punya pengalaman yang bisa disharingkan bersama sbb:
10. Pernah saya satukan dalam kandang besar 2 pasang LB (masing2 sudah jodoh) dan pada saat yang sepasang bertelor serta mengerami,tahu2 mereka menyerang pasangan lainnya sehingga mati kedua, kenapa ya?
11. Minggu lalu LB saya yang sedang mengerami telornya, waktu sore periksa kandang tahu2 kedua sudah mati dalam glodoknya padahal pagi waktu kasih makan dan kangkung masih sehat. Setelah diperiksa kelihatan keduanya seperti habis bertarung sendiri (badannya luka berdarah dan bulunya rontok), kenapa ya?

Salam (Fortuna) Jawab:
1. Pak, pengalaman seperti itu pernah saya alami, cuma saja kebetulan pasangan2 yang saya campur belum nelor. Saat itu, ada dua LB tengkar yakni jantan dan betina yang bukan pasangan. Si jantannya mati setelah dipatuk bagian lehernya. Padahal saya menyampurkannya sudah relatif lama (2 bulan sebelum kejadian). Saya juga tidak tahu persis mengapa tiba2 ada LB yang menjadi sedemikian agresif. Padahal kalau hal itu disebabkan dia birahi, pastilah yang betina satunya ini (yang jantannya mati) juga berperilaku demikian karena saat itu si betina juga sama2 birahi. Jadi menurut saya hal itu disebabkan oleh faktor2 insidental ataupun kondisi sesaat. Sebab, banyak orang yang berhasil menangkar LB dengan sistem koloni (banyak pasangan di satu kandang besar). Tetapi untuk LB, paling bagus menurut saya memang sistem baterai (pasangan2 dalam satu kandang). Mudah mengontrolnya.
1.                  2. Itu juga aneh, Pak. Menurut saya, kalau benar keduanya tarung, ada kemungkinan datang penyebab dari luar. Bisa jadi pada malam itu ada binatang (bisa jadi serangga atau cicak) yang masuk ke glodok atau ada benda/barang lain (suara, cahaya dll) yang mengagetkan satu LB atau kedua2nya sehingga dalam kondisi gelap salah satu LB atau kedua2nya mematuk/menggigit benda secara sembarang dan kebetulan mematuk pasangannya sendiri. Ketika satunya menggigit, satunya membalas. Dan keduanya sama2 menggigit dengan kuat dan matilah keduanya. Yah, mungkin hal itu yang bisa saya bayangkan mengapa pasangan LB bisa tengkar di malam hari dan menemui ajal bersama2. Untuk penyebab lain, saya tidak punya gambaran. Mungkin ada rekan lain bisa urun rembuk. Salam. 

Categories: BURUNG LOVEBIRD/PARUH BENGKOK, PENANGKARAN
salam kenal..om…… saya beli LB sepasang yang hendak saya tangkarkan… baru 1 minggu karena kelalaian saya, LB betinanya lepas….. saat ini sepertinya LB jantan aga stres…
1.                  1.         bagaimana memulihkan kondisi LB jantan agar tidak stres lagi.
2.                  2.         Apakah LB Jantan tadi masih mau berjodoh apabila saya jodohkan dengan LB betina lain. mw tanya bang,gimana caranya kalo love bird kita tw2 bertelur.padahal

kandangnya kecil dan terbuat dari besi..bagaimana caranya supaya telurnya menetas.apa harus saya letakkan serbuk kayu buat tempat mengerami telurnya?

Jawab: Untuk LB perlu diberi glodok Om. Untuk lebih lengkapnya silakan baca postinga di kategori LB (klik di sini). Lumayan lengkap Om.
lam kenal mas duto, aku baru beli 4 ekor love bird, rencananya mau di tangkarin, kebetulan aku bikin ukuran kandang 1.5 x 1 m. aku siapin kotak sarang 2 buah, karena dari 4 ekor tadi cuman 1 jantan. saya senang karena 6 hari masuk kandang, eh ke dua kotak sarang udah diangkut ama LB kulit jagung dang rumput yg udah ku isapin. yang anehnya ada 1 betina yg tidur 1 sarang dg jantan, agresif sekali dg betina yg bikin sarang di kotak yang 1. sampe ada luka di kaca mata LB nya. apa nggak menggangu ???? tapi saya ambil inisiatif untuk misahin LB yang luka tadi untuk pindah ke sarang lain sendiri, tapi saya siapin kotak juga. yg mau saya tanyakan
1. apakah mengambungkan LB seperti yg saya lakukan wajar,
2. kenapa betina yg tidur 1 kotak dg jantan agresif dg betina yg bikin sarang di
kotak yang satunya lagi?
3. apakah LB yg bawa sarang ke dalam kotak, sudah mau bertelur, ato hanya buat
dia penghangat tidur aja?
4. dengan saya pindahkan yang LB luka tadi, apa dia masih mau bertelur(asumsi
saya dia udah pernah kawin dg jantan yg se ekor.
5. apakah saya bisa mengati yg betina udah pernah menetaskan anaknya 1 kali dg
betina lain buat pasangan baru LB jantanya.
terima kasih banyak atas waktunya mas, semoga dapat penjelasan dari mas duto.

Jawab:
Jawaban untuk pertanyaan ini saya buat tulisan tersendiri dengan judul “Menangkar lovebird di kandang koloni”. Klik saja di kategori paruh bengkok, ketemu dah nanti.
Om Pecintaburung,
Tidak ada menu khusus untuk LB. Kalau mau bagusan, bisa pilih merk V***C***. Tetapi biar nggakb boros, bisa dicampur dengan perbandingan 1:3 dengan merek lain yang harganya relatif murah.
Tetapi secara umum, beli pakan LB merk biasa saja sudah cukup. Yang penting, secara rutin (berganti-ganti) diberi jagung muda (selama 2 hari), kangkung (2 hari berikutnya, taoge (2 hari berikutnya), dan bunga matahari (1 hari saja sebanyak 10-15 biji).
Untuk bunga matahri jangan kebanyakan. Mudah bikin gemuk. Kunci utama perawatan LB adalah pada mandi dan jemur: Pagi hari, angin2kan. Beri wadah air yang besar biar mandi. Kalau nggak mau mandi, bisa disemprot air dengan sprayer air. Mandikan sampai kuyup. Setelah itu angin2kan. Setelah bulu mulai mengering dan sudah tertata, baru jemur. Untuk makanan, tidak ada perbedaan mau dikonteskan atau tidak. Hanya saja, kalau mau dikonteskan, jangan didekatkan dengan LB lain minimal dua hari sebelumnya. Dengan demikian, ketika ketemu laan, dia akan langsung nge-fight. Okey? Salam

bang aqmasih bingung nih maklum awam tentang burung gini bang aq punya love bird dan aq mau coba2 tuk ikutkan kontes. nah sekarang soalnya perawatan :
1.         menu makanan yang bagus buat love bird?
2.         dan makanan itu kalo buah dan dan perawatan makanan sehari2 itu berapa kali sehari sampai siap tuk di konteskan???
3.         please jawabanya bang tuk postingannya aq ucapin terimakasih

Semua burung, bisa diikutkan kontes ketika kondisi tubuhnya benar-benar fit dan kita yakin bahwa dia memang mempunyai keistimewaan sehingga pantas dilombakan. Untuk LB misalnya, kita harus yakin bahwa LB kita memang punya tembakan crecetan panjang dan volume keras.
LB siap dikonteskan kalau di rumah sudah terdengar selalu “nembak2″. Kondisi ini tercapai jika burung dalam kondisi sehat fisik dan mental dan dalam kondisi birahi. Dengan kondisi seperti itu, muncullah semangat tempurnya. Jangan pernah membawa ke lomba, burung yang sedang mabung misalnya, atau masih ada bulu2 yang belum membuka sempurna, misalnya .
Tidak ada perawataan kicauan yang bagus kecuali Anda bisa konsisten dalam perawatan dan melakukan diet pakan agar burung tidak kekenyangan. Untuk kedua hal itu, Anda bisa membaca postingan saya terdahulu, di sini dan di sini.
bang aq mau tanya kapan love bird siap di ikutkan kontes dan apa saja yang harus di lakukan saat merawat lovebird yang paling bagus?????? mohon jawabannya bang


Penangkaran LB (12), Sesama Jantan Akur
Tanya:
Saya mau tanya kepada para rekan dan senior semua, kenapa ya LB saya koq sampai sekarang (kurang lebih 2 bulan dari masa jodoh dan bikin sarang) belum nelor juga, padahal sudah kawin dan bikin sarang sendiri. Apakah umurnya masih muda ya, atau sebab lain ya ( kurang kena sinar matahari). Untuk kandang saya taruh di dalam ruangan yang atapnya dikasih genteng kaca, jadi sinar matahari masuk sedikit saja.
Atau umurnya masih terlalu muda ( +/- 9bulan kata penjualnya ). Bagaimana sih cara melihat umur LB dilihat dari fisiknya. Terimah kasih, mohon pencerahan dari para rekan dan senior semua (Simeo)
Jawab:
Bisa jadi memang masih muda, Mas. Soal ciri2 fisik sesuai usia, coba buka2 halaman sebelum ini, saya pernah menuliskannya. Bisa jadi, itu jantan-jantan. Sebab, LB jantan-jantan juga bisa akur seperti jantan-betina dan mereka berperilaku seperti halnya pasangan jantan-betina (seakan2 kawin, dengan satunya berlagak betina, yakni merendah dan sayap mengepak-ngepak “mengundang” ). Ini juga berlaku untuk LB betina-betina, ada yang berperilaku bagai si jantan (ini berdasarkan pengalaman dan juga banyak disebut di sejumlah referensi). Singkat cerita, kalau kita punya LB sampai usia lebih dari 10 bulan belum ada yang nelor, pantas dicurigai itu adalah jantan-jantan.
Demikian Mas. Coba dicermati lagi LB2-nya.



Penangkaran LB (13), Beda anakan dan dewasa
Tanya:
Oh ya bagaimana sih patokan gampang untuk melihat apakah LB itu dewasa apa masih muda…
Jawab:
Membedakan LB muda dan dewasa, bagi yang awam, memang sulit, karena
meskipun muda, bulunya sudah tumbuh lengkap dan bodynyapun sudah besar sebesar usia dewasa.
Secara umum, LB muda bisa dibedakan dengan LB dewasa dari paruh dan kuku kaki, dan warna bulu. Untuk LB jenis tertentu, paruhnya masih terlihat ada semburat warna hitam. Ini antara lain untuk LB klep (ada lingkar mata/eyering) dengan warna tubuh biru (tinta, biasa, langit, laut), hitam, lutino (kuning), kepala emas (kepala warna kuning). Demikian pula untuk LB non-klep, ada semburat warna hitam di paruh. Kalau sudah dewasa, paruh berwarna terang/cerah. Sedangkan untuk LB hijau kepala merah klep, atau hijau kepala hitam klep, kalau sudah dewasa paruhnya berwarna merah tua/darah.
Untuk LB muda, kuku kaki terlihat putih. LB tua berwarna relatif keruh/kotor. Untuk LB muda, warna bulu juga belum secerah warna bulu LB dewasa. Hanya saja, bagi orang kebanyakan, susah juga untuk membedakan warna bulu cerah apa tidak, karena ukurannya sangat relatif.
Categories: BURUNG LOVEBIRD/PARUH BENGKOK, PENANGKARAN Selama mengeram, apakah pejantang harus dipisah? Kira2 anak umur berapa bisa di sapih ?
Jawab: Jantan dipasih biasanya memang untuk indukan kenari Om. untuk burung lain tetap jadi satu.Ya anakan akan disapih indukannya sendiri, kadang sampai dua bulanan. Kalau mau kita suapi sendiri ya enggak apa-apa. Empat atau lima hari setelah menetas diangkat.
mas duto saya mau tanya nih, apa bisa penjantan LB yg udah ngawinin LB
betina serta punya anak sekali, di ganti betina lain ?? mohon petunjuknya mas ??
Jawab;
Ya sangat bisa-lah. Yang penting, ketika menjodohkan dengan betina lain, si
betina “mantan” harus sudah pergi dari kawasan lama. Kalau masih bisa bersahutsahutan, maka jantan maupun betinanya sulit dijodohkan dengan burung lain.


Penangkaran LB (14), Rangkuman
Catatan: Untuk membaca postingan ini, sebaiknya Anda membaca postingan Q-A Penangkaran LB seri 1 sampai 13. Hanya saja, pertanyaan dan jawaban pada posting ini bisa dikatakan semacam rangkuman ataupun pertanyaan dasar dari penangkaran LB.
Tanya:
Saya ingin tanya mungkin sudah ada yang pernah mencoba beternak lovebird dan berhasil mungkin mulai dari awal ya…
1. Bagaimana membedakan jenis kelamin jantan dan betinanya?
2. Umur berapa lovebird bisa dikawinkan?
3. Makanan apa saja yang harus diberikan saat perjodohan? dan bagaimana porsi pemberiannya.
4. Jenis kandang yg digunakan apakah menggunakan kandang umbaran atau per pasang?
5. Ukuran kandangnya berapa dan berapa ukuran untuk sarang?
6. Umur berapakah anakan bisa dipisah dari indukannya?
7. Kondisi tempat untuk membangun kandang ..harus terkena matahari langsung atau tidak?
8. Berapa biasanya jumlah telur yg dihasilkan?
9. Berapa lama proses pengeraman telurnya?
10. Pakan apa saja yg harus diberikan pada anakan? Jawab: Secara umum, LB betina berbadan lebih besar dari pejantannya. Supit udang/tulang dekat dubur kalau jantan rapat dan betina agak bercelah. Atau kalau cukup umur lihat duburnya sedikit dipijit2 kalau duburnya datar itu betina sedangkan jantannya lebih menonjol keluar. Umur 7 bulan sudah bisa kawin. Saat penjodohan makanannya biasa saja jewawut, milet dan jagung muda 1 1/2 batang untuk sepasang.
Jenis kandang umbaran hanya untuk masa penjodohan/cari pasangan ukurannya 1X2X1.5 meter (Pxlxt) diisi sekitar 20 ekor LB beda jenis.jika sudah kelihatan pasangannya masing2 yg sudah sip (kemana-mana selalu bersama pasangannya) baru dipindah kekandang penangkaran ukuran 40x60x40 cm untuk sepasang LB dan ukuran kotak sarang (gowok) 20x25x20 cm. Ingat jangan langsung memasukkan gowok kedalam kandang penangkaran kalau belum benar-benar pasangan yg sip sebab dalam proses pemindahan bisa saja keduanya jadi tidak mau jodoh lagi atau betengkar memperebutkan gowok tadi.jadi hati-hati kalau perlu dipantau.
Kalau saya lihat para penangkar pada umunya mereka biarkan besarkan anakannya oleh induknya sendiri,jadi kalau dilihat si anakan ini bisa makan sendiri baik jagung muda atau jewawut boleh lsg dipisah atau kalau terpaksa yaitu setelah induknya betelur lagi kira-kira umurnya 1,5-2 bulan dan dipindah kekandang pembesaran.
Sementara soal terkena matahari, nggak apa-apa seperti burung kicauan lainnya, asal sehari kira-kira kena sinar tdk lsg 2 jam aja cukup. Untuk telor, paling sedikit 3 butir dan terbanyak 7 butir, akan tetapi yg menetas sampai besar rata-rata 3-4 butir. Masa mengeram 21 hari.

Glodok untuk LB
Tanya:
Apa ada spesifikasi khusus untuk bikin glodokan LB dan bahan sarang? aku penasaran nich ama LB yg ada di rumah?
Kata orang LB yg sudah nelor, telornya gak boleh dilihat orang. Apa bener sich…? (Nanang)
Jawab:
Untuk glodok nggak perlu rancangan khusus, yang pentingdibuat mudah bagi kita untuk mengontrol isinya setiap saat.
Mungkin saja LB jadi males ngeram lagi kalau pas ngeram kita lihat. Untuk mengantisipasi hal itu, maka biasakanlah Anda membuka pintu glodok/mengecek isi glodok setiap hari semenjak LB belum bikin sarang/baru saja dimasukkan ke kandang.
Dengan kita mengecek setiap hari, si LB tidak akan merasa hal itu sebagai gangguan jika suatu saat nanti dia nelor, mengeram dan punya anak.Terus saja cek atau buka-tutup pintu glodok setiap hari sehingga itu menjadi kebiasaan bagi LB untuk berinteraksi dengan penangkarnya. Tapi usahakan jangan membuka glodok ketika LB ada di dalam. Kalau MB masih di dalam dan kita pengin ngecek dalamnya, ya diketuk pelan2 dulu biar LB nongol dan keluar kedua2nya. Setelah itu baru kita buka-tutup pintu glodok sebagai suatu aktivitas rutin.
Itulah cara mencegah agar LB kita nggak stres manakala suatu saat nelor, ngeram dan netas dan pada saat yang sama kita pengin selalu nonton anakan LB yang ada di dalam glodok. “Pengin nonton”, itu memang sifat umum yang wajar dari para penangkar yang nggak sabaran untuk melihat burung hasil tangkarannya, tetapi jika hal itu tanpa persiapan pengetahuan ttg perilaku burung, bisa2 LB kita mogok nelor atau mogok ngeram atau bahkan mogok memberi pakan anak2nya. (Duto)


1 komentar:

  1. misi numpang tanya om lovebird sya sepasang Lutino MM beli emang indukan , tapi setiap yg satu dah birahi .. kok malah di patuk sama pasangannya ya,,.... selalu seperti itu.. mohon pencerahanya

    BalasHapus